MATERI EKONOMI KOPERASI

v\:* {behavior:url(#default#VML);}
o\:* {behavior:url(#default#VML);}
w\:* {behavior:url(#default#VML);}
.shape {behavior:url(#default#VML);}

Normal
0
false

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;}

MATERI EKONOMI KOPERASI

 

 

ug.jpg

 

 

DISUSUN: HARIS ANDRIANTO

NPM: 13212320

KELAS : 2EA28

 

 

 

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS GUNADARMA

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

            Puji syukur kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunianyalah saya dapat menyelesaikan tugas makalah Ekonomi Koperasi ini tepat pada waktunya. Tugas makalah Ekonomi Koperasi ini disusun sebagai salah satu tugas perorangan pada mata kuliah softskill ekonomi koprasi UNIVERSITAS GUNADARMA.

            Dalam menyusun tugas makalah ini, saya banyak menerima bantuan baik berupa nasehat, dan petunjuk dari berbagai pihak.Dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang sudah banyak membantu dalam menyelesaikan tugas makalah ini.

            Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih dan menyadari masih banyak kekurangan dari apa yang saya kerjakan disana sini, untuk itu saya mengharapkan kritikan dan saran yang bersifat membangun agar kedepannya menjadi lebih bagus dan sempurna.

 

 

 

 

 

 

 

Bekasi, 13 october 2013

 

 

 

                                                                                                                                                                                 Haris Andrianto

 

 

 

 


PENDAHULUAN

 

 

Latar Belakang

Koperasi merupakan suatu bentuk usaha yang bercirikan kebersamaan atau berasaskan kekeluargaan. Di Indonesia koperasi bergerak di berbagai bidang untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat, salah satunya di bidang pertanian. Mengingat sebagian besar penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai petani maka salah satu jenis koperasi yang cukup menonjol adalah Koperasi Unit Desa.

Sistem Informasi Manajemen merupakan salah satu bidang yang dibutuhkan dalam suatu organisasi termasuk koperasi. Dalam menjalankan roda organisasi diperlukan suatu sistem yang mengatur jalannya informasi karena dengan berkomunikasi maka segala sesuatu menjadi jelas. Koperasi yang mempunyai banyak stakeholders juga tentunya membutuhkan Sistem Informasi Manajemen sebagai sarana komunikasi antar stakeholders tersebut.

 

DAFTAR ISI

 

 

BAB 1

KONSEP, ALIRN DAN SEJARAH KOPERASI

1.       KONSEP KOPERASI…………………………………………………………………………………………………1

2.       LATAR BELAKAN TIMBULNYA ALIRAN KOPERASI………………………………………………………………1

3.      SEJARAH PERKEMBANGAN KOPERASI…………………………………………………………………………..3

4.       KESIMPULAN…………………………………………………………………………………………………………………………5

BAB 2

PENGERTIAN DAN KONSEP KOPERASI

1.       PENGERTIAN KOPERASI………………………………………………………………………………………………………………..6

1.      DEFINISI ILO…………………………………………………………………………………………………………………………6

2.      DEFINISI CHANIAGO……………………………………………………………………………………………………………….7

3.      DEFINISI DOOREN…………………………………………………………………………………………………………………..7

D.      DEFINISI HATTA………………………………………………………………………………………………………………………7

E.       DEFINISI MUNKNER………………………………………………………………………………………………………………..7

2.       TUJUAN KOPERASI……………………………………………………………………………………………………………………….8

3.       PRINSIP-PRINSIP KOPERASI……………………………………………………………………………………………………………8

A.      PRINSIP MUNKNER…………………………………………………………………………………………………………………8

B.      PRINSIP ROCHDALE………………………………………………………………………………………………………………..8

C.      PRINSIP RAIFFEISEN………………………………………………………………………………………………………………..8

D.      PRINSIP SCHULZE……………………………………………………………………………………………………………………9

E.       PRINSIP ICA…………………………………………………………………………………………………………………………….9

F.       PRINSIP-PRINSIP KOPERASI INDONESIA…………………………………………………………………………………………10

4.KESIMPULAN………………………………………………………………………………………………………………………………………………..10

BAB 3

ORGANISASI DAN MANAJEMEN

1.       BENTUK ORGANISASI…………………………………………………………………………………………………………………11

A.      MENURUT HANEL………………………………………………………………….…………………………………………….13

B.      MENURUT ROPKE………………………………………………………………………………………………………………..14

C.      DI INDONESIA……………………………………………………………………………………………………………………14

2.       HIRARKI TANGGUNG JAWAB………………………………………………………………………………………………………15

A.      PENGURUS ……………………………………………………………………………………………………………………….15

B.      PENGELOLA……………………………………………………………………………………………………………………….16

C.      PENGAWAS…………………………………………………………………………………………………………………………16

3.       POLA MANAJEMEN……………………………………………………………………………………………………………………16

4.  KESIMPULAN…………………………………………………………………………………………………………………………………………………18

BAB 4

TUJUAN DAN FUNGSI KOPERASI

1.       PENGERTIAN BADAN USAHA……………………………………………………………………………………………………..19

2.       KOPERASI SEBAGAI BADAN USAHA……………………………………………………………………………………………….19

3.       TUJUAN DAN NILAI KOPERASI……………………………………………………………………………………………………19

4.       MENDEFINISIKAN TUJUAN PERUSAHAAN KOPERASI………………………………………………………………………….20

5.       KETERBATASAN TEORI PERUSAHAAN…………………………………………………………………………………………..21

6.       TEORI LABA…………………………………………………………………………………………………………………………21

7.       FUNGSI LABA…………………………………………………………………………………………………………………………21

8.       KEGIATAN USAHA………………………………………………………………………………………………………………………21

A.      STATUS DAN MOTIF ANGGOTA KOPERASI…………………………………………………………………………………21

B.      KEGIATAN USAHA……………………………………………………………………………………………………………….21

C.      PERMODALAN USAHA………………………………………………………………………………………………………..21

D.      SISA HASIL USAHA KOPERASI………………………………………………………………………………………………22

KESIMPULAN………………………………………………………………………………………………………………………………………….22

BAB 5

SISA HASIL USAHA

1.       PENGERTIAN SHU INFORMASI DASAR……………………………………………………………………………………….23

2.       RUMUS PEMBAGIAN SHU………………………………………………………………………………………………………24

3.       PRINSIP-PRINSIP PEMBAGIAN SHU …………………………………………………………………………………………..25

4.       PEMBAGIAN SHU PER ANGGOTA………………………………………………………………………………………………25

5. KESIMPULAN……………………………………………………………………………………………………………………………………………..29

BAB 6

POLA MANAJEMEN KOPERASI

1.       PENGERTIAN MANAJEMEN DAN PERANGKAT ORGANISASI……………………………………………………………..30

A.      PENGERTIAN MANAJEMEN…………………………………………………………………………………………………30

B.      PENGERTIAN KOPERASI………………………………………………………………………………………………………30

C.      PENGERTIAN MANAJEMEN KOPERASI……………………………………………………………………………………..30

2.       RAPAT ANGGOTA……………………………………………………………………………………………………………………30

3.       PENGURUS ……………………………………………………………………………………………………………………………31

4.       PENGAWAS…………………………………………………………………………………………………………………………….31

5.       MANAJEMEN…………………………………………………………………………………………………………………………31

6.       PENDEKATAN SISTEM PADA KOPERASI…………………………………………………………………………………………..31

KESIMPULAN……………………………………………………………………………………………………………………………………………………32

BAB 7

JENIS DAN BENTUK KOPERASI

1.       JENIS KOPERASI……………………………………………………………………………………………………………………33

A.      MENURUT PP NO. 60/1959 ………………………………………………………………………………………………..33

B.      MENURUT TEORI KLASIK  …………………………………………………………………………………………………..33

2.       KETENTUAN PENJENISAN KOPERASI  SESUAI UU NO.12/1967 …………………………………………………………..36

3.       BENTUK KOPERASI…………………………………………………………………………………………………………………36

A.      SESUAI PP NO.60/1959………………………………………………………………………………………………………36

B.      SESUAI WILAYAH ADMINISTRASI PEMERINTAH………………………………………………………………………….37

C.      KOPERASI PRIMER DAN SEKUNDER…………………………………………………………………………………….39

KESIMPULAN…………………………………………………………………………………………………………………………………………39

BAB 8

PERMODALAN KOPERASI

1.       ARTI MODAL KOPRASI ………………………………………………………………………………………………………………40

2.       SUMBER MODAL……………………………………………………………………………………………………………………….42

A.      MENURUT UU NO. 12/1967………………………………………………………………………………………………..42

B.      MENURUT UU NO. 25/1992………………………………………………………………………………………………..42

3.       DISTRIBUSI CADANGAN KOPERASI…………………………………………………………………………………………….43

KESIMPULAN…………………………………………………………………………………………………………………………………………………44

BAB 9

EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI DILIHAT DARI SISI ANGGOTA

1.       EFEK-EFEK EKONOMIS KOPERASI………………………………………………………………………………………………44

2.       EFEK HARGA DAN EFEK BIAYA…………………………………………………………………………………………………..44

3.       ANALISIS HUBUNGAN EFEK EKONOMIS DENGAN KEBERHASILAN KOPERASI ………………………………………….45

4.       PENYAJIAN DAN ANALISIS NERACA PELAYANAN……………………………………………………………………………45

KESIMPULAN……………………………………………………………………………………………………………………………………………….46

BAB 10

EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI DILIHAT DARI SISI PERUSAHAAN

1.       EFISIENSI PERUSAHAAN KOPERASI……………………………………………………………………………………………47

2.       EFEKTIFITAS KOPERASI……………………………………………………………………………………………………………48

3.       PRODUKTIFITAS KOPERASI……………………………………………………………………………………………………….48

4.       ANALISIS LAPORAN KOPERASI………………………………………………………………………………………………….49

KESIMPULAN…………………………………………………………………………………………………………………………………………………50

BAB 11

PERANAN KOPERASI

1.       PERANAN KOPERASI  DIBERBAGAI KEADAAN PERSAINGAN……………………………………………………………..51

A.      DI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA……………………………………………………………………………………51

B.      DI PASAR MONOPOLISTIK…………………………………………………………………………………………………..51

C.      DI PASAR MONOPSOMI………………………………………………………………………………………………………52

D.      DI PASAR OLIGOPOLI…………………………………………………………………………………………………………..52

KESIMPULAN…………………………………………………………………………………………………………………………………………….53

BAB 12

PEMBANGUNAN KOPERASI

1.       PEMBANGUNAN KOPERASI DI NEGARA BERKEMBANG……………………………………………………………………..54

KESIMPULAN ………………………………………………………………………………………………………………………………55

REFERENSI……………………..……………………………………………………………………………………………………………57

 

BAB 1

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;}

Kesimpulan
Dari data diatas, dapat diambil kesimpulan:
1. Konsep Koperasi terbagi menjadi 3 macam, yaitu: Konsep Koperasi Barat, Konsep Koperasi Sosialis, Konsep Koperasi Negara berkembang.
2. adanya Keterkaitan antara Ideologi, Sistem Perekonomian, dan Aliran Koperasi.
Aliran koperasi terdiri dari 3 macam yaitu, aliran yardstick, aliran sosialis dan aliran persemakmuran.
3. Sejarah Koperasi mulai berkembang dikota rochdale pada tahun 1844, dan pergerakan koperasi dalam perekonomian di Indonesia pada tahun 1986 di kota purwokerto(banyumas)

BAB 2

Kesimpulan
 Koperasi merupakan perkumpulan orang orang termasuk badan hukum yang mempunyai kepentingan dan tujuan yang sama.
 Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi, dengan melandaskan kegiataannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas azas kekeluargaan

Bahwa Organisasi merupakan sekumpulan orang yang bekerjasama dengan pembagian atau alokasi tugas dan tanggung jawab tertentu dalam system koordinasi dan pengaturan guna memudahkan pencapaian beberapa tujuan yang telah ditetapkan.

Misalkan:

Sebagai salah satu bentuk atau wujud dari organisasi tersebut, adalah negara. Negara merupakan suatu bentuk organisasi kekuasaan masyarakat yang berupaya mengatur interaksi antar anggota masyarakat atau penduduknya dalam suatu wilayah hukum tertentu berdasarkan kesepakatan diantara mereka baik mengenai cara pencapaian maupun tujuan yang akan di capai agar mereka dapat hidup secara harmonis dan meningkat kesejahteraannya secara adil makmur. sesuai dengan kajian ilmu pemerintahan.

maka bisa kami simpulkan: bahwa yang dimaksud organisasi dalam kajian ini adalah Negara. Salah satu unsur Negara adalah pemerintah, yang menjadi objek formal ilmu pemerintahan. Sedangkan yang menjadi objek material ilmu pemerintahan adalah kegiatan dan hubungan hubungan pemeritahan.
Oleh karena suatu organisasi terbentuk dari kumpulan individu yang berbeda baik sifat, karakter, keahlian, pendidikan, dan latar belakang pengalaman dalam hidupnya, perlu ada pengakuan pandangan yang akan berguna untuk pencapaian misi dan tujuan organisasi tersebut, agar tidak berjalan sendiri-sendiri.

B. Pengertian / Definisi dari Manajemen
1.Pengertian Manajemen Menurut James A.F. Stoner
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan
pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

2. Pengertian Manajemen Menurut Mary Parker Follet
Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.

3. Menurut Harold Koontz & Cyril O’Donnel, Principles of Management An Analysis of Management Functions) “Manajemen” sebagai usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktifitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penempatan, penggerakkan dan pengendalian.

4. Menurut G.R. terry, (Prinsiples of Management).
Manajemen adalah suatu proses khas yang terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya


BAB 3
Kesimpulan:
Manajemen adalah merupakan ilmu dan seni yang mengatur sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya untuk mencapai suatu tujuan secara bersama-sama pula. Dari segi esensinya bahwa manajemen adalah pembentukan karakter manusia baru pengelolaan secara terstruktur. Maka dengan adanya manajemen diharapkan:
1.Agar bisa teratur, sopan dan baik.
2.Agar efektif, dalam arti hasil yang dicapai lebih maksimal
3.Agar efisien ( terkait adanya dana, tenaga, dan waktu }
4.Agar tujuan tercapai.

 BAB 4

Kesimpulan:

Kesimpulan dari tujuan dan fungsi koperasi terhadap poin poin diatas adalah memperoleh laba dengan konsep-konsep yang di tinjau dari suatu koperasi tersebut maupun sebagai bidang usaha dan perusahaan dengan keanggotaannya diharapkan dapat memperoleh laba dan dengan partisipasi tergadap keanggotaan bisa sebagai permodalan usaha yang baik untuk menjalankannya sesuai dengan undang undang kekoprasian.

BAB 5

Kesimpulan : SHU koperasi adalah pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurang dengan biaya, penyusutan, dan kewajiban lain termasuk pajak dalam tahun buku yang bersangkutan.

• SHU setelah dikurangi dana cadangan, dibagikan kepada anggota sebanding jasa usaha yang dilakukan oleh masing-masing anggota dengan koperasi, serta digunakan untuk keperluan pendidikan perkoperasian dan keperluan koperasi, sesuai dengan keputusan Rapat Anggota.

• Besarnya pemupukan modal dana cadangan ditetapkan dalam Rapat Anggota.

• Penetapan besarnya pembagian kepada para anggota dan jenis serta jumlahnya ditetapkan oleh Rapat Anggota sesuai dengan AD/ART Koperasi.

• Besarnya SHU yang diterima oleh setiap anggota akan berbeda, tergantung besarnya partisipasi modal dan transaksi anggota terhadap pembentukan pendapatan koperasi.

• Semakin besar transaksi(usaha dan modal) anggota dengan koperasinya, maka semakin besar SHU yang akan diterima.

BAB 6

KESIMPULAN Dari uraian di atas maka kami dapat menarik kesimpulan yaitu : Koperasi adalah suatu badan usaha yang bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya. Dengan menerapkan pola-pola manajemen yang baik tentunya akan membuat koperasi tersebut dapat mencapai tujuannya. Adapun pola-pola manajemen koperasi antara lain: 1. Rapat anggota 2. Pengurus 3 Pengawas 4. Manajer 5. Pendekatan system pada koperasi

 BAB 7

Kesimpulan :
1. Dasar penjenisan adalah kebutuhan dari dan untuk maksud efisiensi karena kesamaan aktivitas atau keperluan ekonominya
2. Koperasi mendasarkan perkembangan pada potensi ekonomi daerah kerjanya.

3. Tidak dapat dipastikan secara umum dan seragam jenis koperasi yang mana yang diperlukan bagi setiap bidang. Penjenisan koperasi seharusnya diadakan berdasarkan kebutuhan dan mengingat akan tujuan efisiensi.

Ada dua jenis koperasi yang cukup dikenal luas oleh masyarakat, yakni KUD dan KSP.KUD (Koperasi Unit Desa) tumbuh dan berkembang subur pada masa pemerintahan orde baru.Sedangkan KSP (Koperasi Simpan Pinjam) tumbuh dan berkembang dalam era globalisasi saat ini.KUD dan KSP hanyalah contoh dari sekian jenis koperasi.

Dalam pasal 15 UU No. 12 Tahun 1992 tentang perkoperasian disebutkan bahwa koperasi dapat berbentuk koperasi primer atau koperasi sekunder. Dalam penjelasan pasal 15 UU No. 12 Tahun 1992 disebutkan bahwa pengertian koperasi sekunder meliputi semua koperasi yang didirikan oleh dan beranggotakan koperasi primer dan atau koperasi sekunder, berdasarkan kesamaan kepentingan dan tujuan efisiensi, baik koperasi sejenis maupun berbeda jenis atau tingkatan

BAB 8

KESIMPULAN

        Permodalan koperasi yang ada di Indonesia sudah berkembang luas dalam berasing dengan perusahaan lainnya. Perkembangan nya dalam mencapai keberhasilan yang baik untuk keselarasan rakyat yang kurang mampu berpartisipasi dalam hidup mandiri dan menyisihkan harta untuk keperluan yang akan datang

       BAB 9                     

      Kesimpulan  Salah satu hubungan penting yang harus dilakukan koperasi adalah dengan para anggotanya, yang kedudukannya sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi. Motivasi ekonomi anggota sebagai pemilik akan mempersoalkan dana (simpanan-simpanan) yang telah diserahkannya, apakah menguntungkan atau tidak.

      Partisipasi anggota menentukan keberhasilan koperasi. Sedangkan tingkat partisipasi anggota dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu besarnya nilai manfaat peayanan koperasi secara utilitarian maupun normatif. Motivasi utilitaria sejalan dengan kemanfaatan ekonomis. Kemanfaatan ekonomis yang dimaksud adalah insentif berupa pelayanan barang-jasa oleh perusahaan koperasi yang efisien, atau adanya pengurangan biaya dan atau diperolehnya harga yang menguntungkan serta penerimaan bagian dari keuntungan (SHU) baik secara tunai maupun dalam bentuk barang.

BAB 10

Kesimpulan  Koperasi merupakan badan usaha yang di landasi dengan kumpulan orang-orang bukan kumpulan modal. Oleh karena itu koperasi tidak boleh terlepas dari ukuran efisiensi bagi usahanya, meskipun tujuan utamanya melayani anggota.


• Ukuran kemanfaatan ekonomis adalah adalah manfaat ekonomi dan
pengukurannya di hubungkan dengan teori efisiensi, efektivitas
serta waktu terjadinya transaksi atau di perolehnya manfaat
ekonomi.

• Efesiensi adalah: penghematan input yang di ukur dengan cara
membandingkan input anggaran atau seharusnya (Ia) dengan input
realisasi atau sesungguhnya (Is), jika Is < Ia di sebut (Efisien). Efesiensi koperasi adalah suatu teori yang membahas tentang suatu hasil yang sesuai dengan kemauan dan harapan yang akan membuahkan hasil maksimal. Di hubungkan dengan waktu terjadinya transaksi/di perolehnya manfaat ekonomi oleh anggota dapat di bagi menjadi dua jenis manfaat ekonomi yaitu :

(1) Manfaat ekonomi langsung (MEL) adalah manfaat ekonomi yang diterima oleh anggota langsung di peroleh pada saat terjadinya transaksi antara anggota dengan koperasinya

(2) Manfaat ekonomi tidak langsung (METL). adalah manfaat ekonomi yang diterima oleh anggota bukan pada saat terjadinya transaksi, tetapi di peroleh kemudian setelah berakhirnya suatu periode tertentu atau periode pelaporan keuangan/pertanggungjawaban pengurus & pengawas, yakni penerimaan SHU anggota.


BAB 11

kesimpulan : Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar diklasifikasikan menjadi 2 macam :

1.  Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market).

2.  Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive market) Suatu pasar disebut bersaing sempurna jika terdapat banyak penjual dan pembeli sehingga tidak ada satu pun dari mereka dapat mempengaruhi harga yang berlaku, barang dan jasa yang dijual di pasar adalah homogen, terdapat mobilitas sumber daya yang sempurna, setiap produsen maupun konsumen mempunyai kebebasan untuk keluar-masuk pasar; setiap produsen maupun konsumen mempunyai informasi yang sempurna tentang keadaan pasar meliputi perubahan harga, kuantitas dan kualitas barang dan informasi lainnya, tidak ada biaya atau manfaat eksternal berhubungan dengan barang dan jasa yang dijual di pasar.

BAB 12

KesimpulanKoperasi adalah organisasibisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomirakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Prinsip koperasi non-Pemerintah Internasional dibagi menjadi 5, yaitu:

1.      Keanggotaan yang bersifat terbuka dan sukarela

2.      Pengelolaan yang demokratis,

3.      Partisipasi anggota dalam ekonomi,

4.      Kebebasan dan otonomi,

5.      Pengembangan pendidikan, pelatihan, dan informasi.

Prinsip koperasi menurut UU no. 25 tahun 1992 dibagi menjadi 7, yaitu:

1.      Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka

2.      Pengelolaan dilakukan secara demokrasi

3.      Pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dengan jasa usaha masing-masing anggota

4.      Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal

5.      Kemandirian

6.      Pendidikan perkoperasian

7.      Kerjasama antar koperasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Referensi :

http://istianakhairany.blogspot.com/2012/10/bab-6-pola-manajemen-koperasi.html

http://ireneaulia.blogspot.com/2012/10/pola-manajemen-koperasi.html

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/11/pola-manajemen-koperasi/

http://baracellona.wordpress.com/2012/01/02/pola-manajemen-koperasi/ 
http://taufikdarmawan99.blogspot.com/2011/12/evaluasi-keberhasilan-koperasi-dilihat.html
http://tiaseptiani.wordpress.com/2010/12/28/ekonomi-koperasi-5/

http://ikesetiani.wordpress.com/2012/12/01/pembangunan-koperasi/

arifin sitio dan haloman tamba,2001,koperasi, teoridan praktek,penerbit erlangga jakarta

 

 

 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar